Kunjungi KWT Putri Junte Ketua Tim Penggerak TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah Apresiasi Panen Perdana Ganyong

Kategori : Government Jumat, 09 Februari 2018

Kunjungi KWT Putri Junte Ibu PKK Kabupaten Aceh Tengah Apresiasi

Panen Perdana Ganyong.


Ketua Tim Penggerak TP-PKK Ibu Puan Ratna Shabella Abubakar Kunjungi KWT

Putri Junte, Pasca dilantiknya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh

Tengah oleh ibu Darwati A.Gani beberapa bulan yang lalu. Bersama rombongan turut

hadir ibu wakil bupati Aceh Tengah selaku wakil PKK kabupaten Aceh Tengah Jum’at 9/02/2018.


Panen perdana ganyong ini merupakan hasil dari kegiatan sumber pangan alternatif Dinas Pangan Kabupaten Aceh Tengah T.A 2017, melalui bidang distribusi dan cadangan pangan pada dinas pangan kabupaten Aceh Tengah. Sebagai bentuk dari terlaksananya panen perdana ganyong ini tidak terlepas dari peran berbagai pihak seperti Salman, MP.cs dalam mengawal KWT Putri junte hingga berhasilnya panen perdana ganyong ini yang di koordinir oleh Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Atu Lintang. Dalam sambutanya kepala Dinas pangan Ir. Nasrun Liwanza, MM menyampaikan Diversifikasi Pangan adalah program yang dimaksudkan agar masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok (beras) saja dan terdorong juga mengkonsumsi bahan pangan lokal yang mempunyai kandungan karbohidrat, gizi, nutrisi yang bergizi dan aman. Bahan Pangan ganyong ini dapat diolah menjadi tepung ganyong yang dijadikan makanan seperti cake, cookies, cendol, bakso dan lain-lain sebagai produk industri rumah tangga yang pada akhirnya dapat meningkatkan sumber pendapatan masyatakat.

 

Pada acara panen perdana ganyong , Ketua Tim Penggerak TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah Ibu Puan Ratna yang sering di sapa ibu Puan, menyampaikan beberapa hal terkait ganyong. Ibu Puan menyampaikan untuk pangan selama ini masyarakat kita hanya terpaku pada makanan pokok yaitu beras dan terigu sebagai sumber makanan pokok tanpa menyadari banyak sumber makanan lainnya seperti kentang, ubi kayu, ubi jalar, ganyong, jagung dan lain-lain yang dapat dijadikan sebagai bahan pengganti beras yang kandungannya hampir sama dengan beras tandasnya.
Di sisi lain ibu Puan juga mendiskripsikan sedikit mengenai tanaman ganyong, Ganyong sebagai salah satu pangan alternatif yang mudah tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dan banyak ditemui di seputaran Kabupaten Aceh Tengah. dulu masyakarat mengkonsumsi ganyong dengan cara direbus atau dijadikan tepung dan dibuat ongol-ongol, namun saat ini ganyong sudah dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti bolu, cendol, bakso, kerupuk, cookies dan lain-lain.

Pengembangan ganyong sebagai pangan alternatif perlu ditingkatkan lagi baik dari perluasan penanaman maupun pengolahannya untuk itu perlu dukungan instansi terkait baik mulai dari bibit, alat, dan pemasaran. Selain itu kita juga dapat mempromosikan ganyong melalui perlombaan atau kegiatan PKK lainnya dengan cara menggunakan bahan baku ganyong ataupun bahan pangan alternatif lainnya sebagai bahan makanan.
Pada akhir penyampainya ibu puan menyampaikan terimakasih Kepada Dinas Pangan yang telah memfasiltasi pengembangan ganyong dan BPP Kecamatan Atu Lintang Yang telah membina KWT Putri Junte sehingga diharapkan ganyong dapat menjadi produk unggulan alternatif di Kecamatan Atu Lintang dan semoga diikuti oleh Kecamatan lainnya.

Di penghujung acara ibu puan beserta rombongan juga menyempatkan diri untuk mencicipi aneka olahan makanan yang bersumber dari ganyong. Aneka olahan makanan ganyong ini langsung disajikan oleh ibu-ibu dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Puti Junte Kecamatan Atu Lintang yang bertempat langsung pada acara panen perdana ganyong secara bersamaan. Liputan. SLTH.cs

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengen
Lat: 5.53
Lng: 95.32